Dijual Mulai Rp 21 Jutaan, Begini Detail Perubahan Yamaha FreeGo 125 2023

Yamaha FreeGo 125 2023
  • Bodi FreeGo 125 2023 punya garis desain lebih tegas
  • Hanya tersedia dalam 2 pilihan tipe

Tanpa disangka dan tanpa diduga-duga, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) malah menyegarkan Yamaha FreeGo 125 di pagelaran Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2022.

Padahal banyak yang beranggapan dan menebak kalau YIMM akan meluncurkan Yamaha Grande, sebab sempat bocor foto saat pengujiannya yang masih dibalut dengan motif kamuflase.

Yamaha FreeGo 125 sendiri pertama kali diperkenalkan pada IMOS 2018 dan kembali diperkenalkan pada IMOS 2022, itu berarti hanya berselang 4 tahun. Beda dengan generasi pertamanya, generasi kedua kali ini hanya hadir dalam 2 tipe.

Hanya ada tipe standar yang dibanderol Rp 21,4 juta. dengan pilihan warna Metallic Red, Metallic Yellow, Matte Red, dan Matte Blue. Berikutnya ada tipe Connected seharga Rp 23,2 juta OTR Jakarta dengan warna Prestige Silver dan Matte Green.

Lantas apa saja perubahan yang ada pada Yamaha FreeGo 125 2023 ini? Mari kita ulas.

Baca juga: Lebih Menggoda, Begini Sosok Yamaha FreeGo 2023 yang Dijual Mulai Rp 21 Jutaan

Leg shield FreeGo 125 2023 lebih tebal dari sebelumnya

Bodi Desain Baru

Perubahan pertama tentu saja ada pada bodi yang dimiliki Yamaha FreeGo 125 2023. Desain generasi pertama khas akan bentuk bodi yang kembung dan melandai, bisa dikatakan kalau desainnya sangat mencirikan sepeda motor pasar eropa.

Sedangkan desain yang sekarang memiliki garis desain yang lebih tegas dengan dimensi bodi yang dibuat sedikit lebih ramping pada beberapa bagian. Seperti sepakbor depan yang awalnya cembung melandai, kini lebih flat dengan tarikan garis ke belakang.

Baca juga: Harga Naik Tipis, Yamaha XMax 250 Connected 2023 Dijejali Navigasi Garmin

Bodi belakang lebih ramping dengan emblem untuk tipe Connected

Namun kalau dilihat dari samping, leg shield justru terlihat lebih besar. Ini untuk mengakomodir desain lampu barunya, apalagi lampu sein sudah tidak lagi berada di leg shield.

Desain cover setang kini terlihat lebih ramping, ini akibat bodi warna pada cover setangnya yang lebih sedikit dibandingkan dengan cover setang generasi sebelumnya yang punya bodi warna lebih lebar.

Kemudian desain side panel punya lekuk yang lebih patah sehingga memberikan kesan yang lebih ramping. Selain beda warna, tipe Connected kini pakai warna pelek emas dan ada emblem bertuliskan FreeGo S kombinasi black chrome serta gold.

Untuk tipe standar pakai kombinasi warna yang cukup cerah dan disertai dengan striping.

Desain Lampu Baru

Baik lampu depan maupun lampu belakang, mengalami perubahan desain yang cukup besar. Lampu depannya kini reflektor yang terbagi dalam 3 ruang, 2 untuk lampu dekat dan 1 untuk lampu jauh.

Desain lampu depan baru dengan inner blue lens

Kemudian di atasnya ada DRL warna biru yang disebut inner blue lens, ini yang bikin tampilan Yamaha FreeGo 125 2023 kian berbeda. Sisi atas lampu kini lebih panjang, ini memberikan ruang lebih untuk sein akibat posisinya yang pindah.

Baca juga: Pakai Kelir Bunglon, Seperti Ini Detail Yamaha Aerox 155 Connected 2023 Cyber City

Desain lampu depan ini menuai banyak pro dan kontra, karena ada yang beranggapan kalau desain lampu depan model lama masih cukup bagus, dan ada yang beranggapan desain lampu depan lebih baik. Selera nih!

Lampu belakang lebih nyambung dengan garis desain bodi

Ubahan desain pada lampu belakang FreeGo 125 2023 jadi ubahan yang paling diapresiasi oleh para pecinta roda dua. Ini karena desainnya lebih baik dan bisa lebih diterima dibandingkan desain lampu belakang Yamaha FreeG0 125 generasi pertama yang terlalu besar.

Spidometer Desain Baru

Berikutnya ada desain baru pada spidometer Yamaha FreeGo 125 2023. Dari yang awalnya punya desain kotak, kini desainnya jadi memanjang ke samping. Tampilannya lebih bagus dengan aksen prismatic di sekeliling layarnya.

Selain desain baru, suguhan informasinya juga bertambah. Sebelumnya hanya ada informasi speed meter, fuel meter, odometer, trip, dan kapasitas aki. Kali ini ada tambahan informasi jam.

Spidometer lebih jelas terlihat dan informasi kian lengkap

Baca juga: Yamaha FreeGo 125 Connected Hadir di IMOS 2022, Harga Mulai Rp 21 Jutaan Desain Lebih Sporty

Indikator pada spidometer juga lebih lengkap untuk tipe Connected. Seperti indikator baterai smartphone, indikator App, indikator pesan masuk, dan indikator telepon masuk.

Fitur Y-Connected

Hilangnya varian ABS pada Yamaha FreeGo 125 model sebelumnya digantikan dengan varian Connected, ini jadi varian dan fitur yang sudah banyak digunakan pada jajaran produk Yamaha Indonesia.

Baca juga: Harga Cuma Naik Tipis, Seperti Apa Ubahan di Yamaha XMax Connected 2023?

Varian Connected ditandai dengan stiker di belakang cover setangnya

Fitur ini memungkinkan smartphone pengendara terkoneksi dengan motor dan bisa menampilkan ragam informasi notifikasi. Pengendaranya juga memantau ragam informasi pada aplikasi, seperti lokasi parkir terakhir, konsumsi bahan bakar, history perjalanan, dan masih banyak lagi.

Kompartemen Depan

Salah satu pembaharuan yang cukup dinanti berikutnya adalah adanya kompartemen depan, posisinya memang agak rendah karena ada di bawah kunci kontak.

Kompartemennya ini mirip seperti yang digunakan pada Yamaha Grand Filano. Dengan adanya kompartemen ini, smartphone yang sedang diisi dayanya bisa disimpan di kompartemen tersebut.

Kini FreeGo 125 2023 dilengkapi kompartemen depan
Yamaha FreeGo 125 2023
Dimensi
PxLxT 1.905 x 690 x 1.115 mm
Sumbu Roda 1.275 mm
Tinggi Jok 780 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Isi 101 kg (Standard) 102 kg (Connected)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Isi Silinder 125 cc
Tenaga 9,5 PS @8.000 rpm
Torsi 9,5 Nm @5.500 rpm
Transmisi Otomatis, CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12

Source: Dijual Mulai Rp 21 Jutaan, Begini Detail Perubahan Yamaha FreeGo 125 2023

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *