Harga Bekas Mulai Rp50 Juta, Ini 5 Alasan Mobil Suzuki Carry Futura Masih Banyak Peminat

Sosok Suzuki Carry Futura kini sudah masuk kategori motuba alias mobil tua bangka karena usianya yang rata-rata di atas 10 tahun. Mundur ke belakang, PT Suzuki Indomobil Sales menghentikan produksi Suzuki Carry Futura pada awal tahun 2019. Kini, harga pasaran Suzuki Carry Futura bekas cukup banyak yang dijual under Rp50 juta.

Dahulu, minibus ini juga dipersiapkan sebagai mobil keluarga yang cukup nyaman dan modern.  Meskipun harganya terjangkau, namun bukan berarti Suzuki Carry ini kualitas atau ketersediaan sparepartnya payah. Mobil ini terbukti masih cukup banyak peminatnya di kota-kota kecil. 

Baca juga:

Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Carry Futura, Alternatif Mobil Keluarga Terjangkau Selain Toyota Kijang

Terkenal Bandel, Ini Kelebihan Lain Suzuki Carry Futura Karburator daripada Injeksi

Sebelum Alphard Berjaya, Suzuki Carry Futura Sempat Awali Era Captain Seat di Minibus

Kini di tengah gempuran banyak model-model baru, Suzuki Carry Futura masih sanggup bertahan sebagai kendaraan keluarga yang sederhana dan serbaguna. Mobil ini telah terbukti tangguh selama bertahun-tahun digunakan dan minim kendala. 

Nah, apa saja alasan Suzuki Carry Futura yang perlu kalian ketahui? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Mesin Suzuki Carry Futura Irit dan Torsinya Mumpuni di Berbagai Kondisi

Suzuki Carry ini kiprahnya terkenal sebagai mobil angkot. Bahkan di Bogor yang menjadi kota sejuta angkot, umumnya memakai Suzuki Carry hingga ke pelosok. Kita sering melihatnya membawa kapasitas muatan full bahkan over, saat di jalan menanjak masih kuat berjalan meskipun jalan merambat.

Suzuki Carry Futura berhasil membuktikan akan ketangguhan dari performa yang dihasilkan. Mesinnya berkapasitas 1.5L G15A 4-silinder segaris 16 valve SOHC berkombusi injeksi. Tenaga yang dihasilkan sebesar 87 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 122 Nm @3.000 rpm.

Melihat spesifikasi tersebut, torsinya bisa diraih pada putaran bawah, yang membuatnya cukup responsif dan mumpuni di tanjakan. Perpindahan gigi menggunakan transmisi manual 5-percepatan yang dapat dengan mudah menakhlukan berbagai macam medan menanjak dan menurun.

2. Fitur Sederhana Tapi Proporsional

Untuk ukuran sebuah mobil tua, Suzuki Carry Futura fiturnya memang dianggap sederhana bila dibandingkan keluaran baru. Walaupun demikian, fitur yang ada sudah proporsional untuk mobil keluarga. Misalnya pada baris kedua sudah memiliki AC Double Blower yang membuat penumpang hingga baris ketiga tidak kegerahan. 

Ftur seperti ini tersedia do varian GRV dan GX. Lebih lanjut, Konfigurasi standar Suzuki Carry Futura memiliki kursi untuk 9-penumpang. Kelemahannya mungkin pada kursi baris ketiga yang agak sempit karena saling berhadapan. Bicara fitur hiburannya, hanya tersedia konsol untuk menempatkan head unit single din untuk memutar musik atau radio.

3. Perawatan Suzuki Carry Futura Cukup Mudah dan Perbaikan Bisa di Bengkel Mobil Mana Saja

Perawatan harian, mingguan, atau bulanan dari Carry Futura untuk kalangan pemula ini cukup mudah. Alasannya jelas karena rancangan mesin maupun fiturnya cukup sederhana. Selain karena minim fitur elektrikal yang rumit, mobil ini juga memiliki rangkaian mesin yang sederhana. 

Ini membuat perawatan dan Carry Futura bisa dikerjakan di bengkel mobil apapun. Bahkan bila kita sudah cukup terampil soal perbaikan mobil, dan punya alat yang lengkap, mobil ini pun diperbaiki sendiri juga bisa.

 

Untuk pemula yang tidak paham mesin pun, akan sangat cocok dengan mobil ini. Mobilnya bisa untuk sarana belajar perawatan soal mesin atau elektrikal hingga belajar oprek beberapa part. 

Lebih menarik lagi, spare part mobil ini sangat melimpah dan mudah kalian temui di seluruh penjuru Tanah Air. Selain itu kalian juga tidak perlu khawatir akan harga suku cadangnya, pasalnya harga yang ditawarkan juga terjangkau.

4. Konsumsi BBM Irit dan Bisa Nenggak Pertalite

Hal menarik berikutnya yang membuat Suzuki Carry ini anti rewel-rewel club buat para pemula yaitu soal konsumsi BBM mobil ini yang irit. Menurut  beberapa sumber, penggunaan dalam kota untuk mobil ini mampu menenggak BBM jenis bensin hingga 12 km/liter. Penggunaan luar kotanya sendiri diklaim dapat menempuh jarak 15-16 km/liter.

Tak cuma irit dari sisi konsumsi, Carry Futura yang masih memiliki kompresi kecil juga cocok dengan bahan bakar Pertalite. Dari sisi biaya bahan bakar jelas lebih ekonomis, sehingga budget Rp10.000 bisa untuk perjalanan 12 kilometer. Itulah mengapa masih banyak angkot yang setia memakai Carry Futura sebagai basisnya.

5. Harga Jual Kembali Stabil dan Tidak Anjlok

 

Karena banyak kelebihan yang dimiliki Suzuki Carry Futura, membuat harga mobil ini tidak mengalami penurunan drastis. Bahkan jika pintar dalam bernegoisasi, bisa mendapatkan untung atau minimal balik modal. Dengan begitu kalian tidak akan merasa terlalu rugi ketika menjualnya kembali.

Kalau membeli mobil ini, maka bila kepepet lebih cepat laku saat dijual kembali. Suzuki Carry Futura cukup banyak peminatnya dari berbagai kalangan, sehingga cenderung cepat laku tanpa harus lewat jalur makelar.

Source: Harga Bekas Mulai Rp50 Juta, Ini 5 Alasan Mobil Suzuki Carry Futura Masih Banyak Peminat

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *