Trend Mobil Retro Listrik, Pickup Nissan Sunny 1987 Bertampang Hakosuka Ini Berjantung Nissan LEAF

Ajang Specialty Equipment Market Association (SEMA) Show 2022 tak hanya menampilkan deretan mobil modifikasi dari merek-merek komponen aftermarket, namun juga menjadi ajang tampilnya beberapa konsep modifikasi mobil listrik. Salah satu yang paling menarik adalah sosok pickup Nissan Sunny 1987 dengan jantung pacu listrik dari Nissan LEAF.

Mobil pickup ini dimodifikasi oleh Tommy Pike Customs (TPC) dan menjadi salah satu mobil konsep resmi Nissan di ajang SEMA 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. Nissan Sunny 1987 yang menjadi basisnya dimiliki langsung oleh pemilik TPC, Tommy Pike, dan dijejali oleh motor listrik dan baterai lithium-ion 40 kWh dari mobil listrik Nissan LEAF.

Baca juga: Berbeda dengan Indonesia, Nissan Kicks e-Power Hadir di Vietnam Membawa Varian Lebih Lengkap

Tenaga hingga 149 PS dan Torsi 320 Nm

Hasilnya, mobil ini diklaim menghasilkan output daya 149 PS dan 320 Nm yang berarti tenaganya dua kali lebih besar dan torsinya tiga kali lebih besar dibandingkan jantung pacu orisinil Nissan Sunny 1987 yang hanya menggunakan mesin 4-silinder.

Tenaganya melonjak dua kali lipat dibanding Nissan Sunny orisinal (foto: motortrend)

“Saya membeli pickup Sunny ini karena saya pikir (mobi) ini adalah bagian dari sejarah dan warisan Nissan yang keren – terutama ketika saya melihatnya dengan model setir kanan,” ujar Tommy Pike pada siaran berita dari Nissan.

Nissan Sunny 1987 orisinal

Yang menarik, tak hanya menjejali teknologi mobil listrik di balik badannya, Tommy Pike juga memodifikasi Nissan Sunny ini dengan livery khas Broke Racing Enterprises (BRE) sebagai model legendaris Nissan di ajang motorsport. Bahkan tampilan mukanya menggunakan wajah NIsan Skyline Hakosuka yang fenomenal.

“Mengambil langkah tak terduga dengan mengubah Sunny bertenaga listrik dan membungkusnya dengan livery Brock Racing Enterprises rasanya seperti cara sempurna untuk menghormati warisan dan inovasi modern Nissan,” tambahnya.

Baca juga: Banyak Berubah, Segini Harga Nissan Kicks e-Power 2022 dan Leaf Terbaru di Indonesia

Tetap Pakai Transmisi Manual

TPC juga tetap memberikan sebuah sentuhan orisinil pada Nissan Sunny ini dengan mempertahankan transmisi manual yang digunakannya. Sang modifikator membuat sebuah adaptor yang dapat menyalurkan output motor listriknya melalui transmisi manual ke penggerak roda belakang.

Suspensi depannya menggunakan komponen milik Nissan 240SX S13, termasuk per depan, rem cakram dan lengan kontrol bagian bawah. Di belakang, suspensi orisinal Nissan dengan per daun tetap dipertahankan. Di keempat rodanya, digunakan velg Rotiform 17 inci dengan balutan ban Toyo Extensa berukuran 205/45 R17.

Nissan Ariya Surfwagon

Di ajang SEMA 2022 ini, Nissan juga memamerkan Nissan Ariya Surfwagon, yang memadukan tampilan retro dan futuristik. Tampak menonjol adalah penggunaan velg berdesain retro dan dua papan selancar di atas atapnya, dengan balutan warna yang senada dengan roda. Seluruh badan mobil berbalut motif kayu yang menjadikan mobil ini tampak sangat unik.

Baca juga: Terkuak Pajak Tahunan Nissan Leaf Mirip Motuba, Lebih Murah Dibanding Toyota Agya!

Source: Trend Mobil Retro Listrik, Pickup Nissan Sunny 1987 Bertampang Hakosuka Ini Berjantung Nissan LEAF

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *