Italjet Dragster 500GP, Skuter Sangar Bermesin 450 Cc yang Bukan Matic!

Italjet Dragster 500GP
  • Andalkan transmisi manual 6-speed.
  • Gunakan komponen motor sport.

Anda tentu sepakat jika sosok skuter asal Italia, Italjet Dragster identik dengan kesan sangar dan sporty yang kerap mengusung mesin otomatik bertenaga besar. Namun di event EICMA 2022 di Bologna, Italia pekan ini hadir motor konsep Italjet yang jauh berbeda.

Julukannya Italjet Dragster 500GP dan saat ini masih berupa konsep. Ketika melihat sosoknya, kesan ala skuter matic memang dipertahankan lewat penggunaan bodi gembung dan ground clearance rendah.

Baca Juga: MForce Indonesia Kenalkan Deretan Produk Baru, Ada Matic Listrik Gambot Juga

Masih Pertahankan Ciri Italjet Dragster

Tapi ciri khas Italjet Dragster dengan bodi serba lancip dengan kombinasis frame tubular yang berkesan agresif tetap dipertahankan. Selain itu, terdapat panel winglet di bagian sisinya. 

Tampil sangar.

Joknya juga dibuat single seater yang artinya Italjet Dragster 500GP tidak dapat dipakai untuk berboncengan. Desainnya disebut terinspirasi dari sosok motor hyper sport bikes yang coba digabung dengan kepraktisan dan kelincahan skuter.

Saat diperhatikan secara detail, mesin dan sistem gerak roda yang diusung Italjet Dragster 500GP berbeda dari motor matic kebanyakan. Karena lebih mengarah ke motor sport ketimbang skuter matic.

Baca Juga: Gesits Siapkan Motor Listrik Bongsor, Mirip NMax dan PCX?

Andalkan Mesin 450 Cc Bertransmisi 6-Speed

Yup, walau pun bersosok skuter tapi urusan sumber penggerak, ternyata Italjet Dragster 500GP tidak mengandalkan transmisi matic CVT seperti biasanya. Sebagai gantinya ada transmisi manual 6-speed berkopling basah sebagai pelengkapnya. 

Mesin tegak dengan posisi rendah

Hal ini mengingatkan kita akan skuter-skuter lawas seperti Vespa atau Lambretta yang berkopling manual. Transmisi 6-speed tersebut menyalurkan tenaga mesin sebesar 43,5 PS di 8.000 rpm dan tors 43 Nm per 6.000 rpm ke roda belakang. 

Oiya, mesin bervolume 450 cc-nya pun unik karena punya konstruksi tegak ala motor sport, bukan horizontal seperti kebanyakan matic gambot. Mesinnya bertipe 1-silinder, DOHC berpendingin cair dengan ukuran bore x stroke, 94,5 x 64 mm. 

Gunakan Komponen Ala Motor Sport

Italjet Dragster 500GP juga dibekali sederet komponen yang menunjang performanya. Mulai dari sistem pengereman ABS dari Brembo yang terdiri dari sepasang cakram 270 mm di depan dan disc 230 mm tunggal di belakang.

Dijejali part eksotis.

Suspensi depannya bertipe up side down 47 mm yang artinya jauh lebih besar ketimbang milik Honda CBR250RR yang 37 mm. Di belakang ada double hydropneumatic shock absorber dengan adjustable load spring. Peleknya berdiameter 15 inci dengan balutan ban Pirelli 120/70-15 di depan dan 160/60-15 di belakang.

Belum ada pengumuman soal harganya, tapi rencananya Italjet Dragster 500GP bakal masuk ke tahap produksi massal di tahun 2024. So, ditunggu saja penampilan skuter sangar ini di jalanan.

Source: Italjet Dragster 500GP, Skuter Sangar Bermesin 450 Cc yang Bukan Matic!

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *