Honda EM1 e: Resmi Meluncur, Kembaran Honda U-GO Yang Bakal Dirilis di Indonesia?

Honda EM1 e:
  • Desainnya mirip Honda U-GO.
  • Bakal hadir juga di Indonesia.

Lewat ajang EICMA 2022 pekan ini Honda Europe secara resmi merilis skuter matic berpenggerak listrik mereka yang berjuluk Honda EM1 e:. Sosok yang mendebut di Italia ini juga diprediksi bakal masuk ke Indonesia.

Kehadiran Honda EM1 e: merupakan bagian rencana ambisius Honda global yang menyiapkan 10 model motor listrik hingga 2025 yang dimulai pada model 2023. Di Indonesia sendiri, Honda rencananya bakal menghadirkan 7 model motor listrik baru hingga 2030 mendatang.

Baca Juga: Menerka Motor Listrik Honda Buatan AHM Tahun Depan

Kembaran Honda U-GO

Dilihat dari tampilan luarnya, Honda EM1 e: identik dengan motor listrik Honda U-GO yang lebih dulu dijual di Cina. Di sana, Honda memproduksi U-GO bersama pabrikan lokal mereka, Wuyang Honda.

Inikah produk yang akan masuk Indonesia?

Motor ini terkesan sederhana dengan bodi yang minim lekukan. Mulai dari bentuk lampu utama pada tebeng dan sepasang sein depan di setang pun tak terlihat kesan futuristik atau agresif khas matic Honda seperti Vario atau Beat Series.

Beralih ke bagian belakang, panel bodi dari sisi samping juga terlihat lebar. Aksen penghiasnya hanya ada panel bodi kasar yang berfungsi sebagai rumah stoplamp di buritan. Serta celah kecil untuk footstep pembonceng.

Baca Juga: Harga Nempel Honda Vario 125 2023, Ini 5 Daya Tarik Yamaha FreeGo 2023

Penampakan Siluetnya Dikenalkan di IMOS 2022

Menariknya, penampakan sosok Honda EM1 e: sempat hadir di IMOS 2022. Tepatnya saat Keiichi Yasuda, Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan akan ada dua motor listrik mereka di Indonesia tahun depan.

Siluet motor listrik Honda di IMOS 2022

Arti Singkatan Nama

Nama yang diberikan Honda pada motor listrik ini memang terdengar singkat, yakni ‘EM1 e:’. Tapi ada makna tersendiri di balik penamaan tersebut.

Kode ‘EM’ merupakan singkatan dari kata ‘Electric Moped’ yang diambil dari tipe motor ini, yakni moped atau motor kecil. Istilah ini kerap dipakai di negara Eropa untuk merujuk ke motor-motor bermesin kecil dengan desain bergaya skuter dan bebek.

Masuk Indonesia tahun depan?

Sedangkan angka 1 dipilih karena kendaraan ini merupakan produk global pertama dari Honda di segmen motor listrik. Kemudian ada kode ‘e:’ yang kini dipakai sebagai jenama motor listrik Honda, seperti sebelumnya ada Benly e: dan Gyro e: yang dipajang di IMOS 2022.

Sanggup Tempuh 40 Km

Honda EM1 e: dibekali motor listrik di bagian tromol roda belakang yang diklaim mampu bergerak sejauh 40 km. Namun belum ada detail mengenai speknya. 

Tapi untuk sumber tenaganya tertanam sebuah baterai portable dari Honda Mobile Power Pack e: yang juga terdapat di PCX Electric. 

Persis model yang berada di Cina.

Hal ini memungkinkan di masa depan, baterai motor Honda EM1 e: ditukar pakai dengan model motor listrik Honda secara plug and play. Apalagi ada rencana jika Honda Mobile Power Pack e: bakal disebar untuk memudahkan konsumen mengisi daya baterainya. 

Source: Honda EM1 e: Resmi Meluncur, Kembaran Honda U-GO Yang Bakal Dirilis di Indonesia?

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *