Intip Motor Listrik Zero DSR dan SR/S Versi KTT G20, Speknya Pas Buat Mengawal Delegasi

Deretan motor Zero DSR
  • Beberapa kali penyesuaian warna dan grafis.
  • Tenaga motor Zero setara moge.

Puluhan unit motor listrik Zero dari tipe SR/S dan DSR dihadirkan di pertemuan dunia, KTT (Konfrensi Tingkat Tinggi) G20 di Bali pekan depan. Motor tersebut menjadi bagian dari 252 unit kendaraan listrik yang digunakan di sana.

Dihadirkan sebagai motor patroli dan pengawalan petinggi negara-negara sahabat, motor Zero yang dilepas di Mabes TNI, Jakarta ini tidak lagi dalam kondisi standar. Ada bermacam peranti yang ditambahkan untuk kedua motor tersebut.

Varian Zero SR/S

Dalam video Youtube dari akun Jenderal TNI Andika Perkasa pada Kamis (10/11/2022) motor-motor Zero yang dipakai bertugas sudah dilabur dengan warna khusus kendaraan dinas Polisi Militer.

Dipilih karena spesifikasinya 

Mayjen TNI Haryono, Asisten Logistik Panglima TNI menjelaskan jika penggunaan motor listrik ini sesuai dengan perintah presiden. Di mana elemen mendukung seluruh kegiatan G20 ini harus menggunakan kendaraan listrik. 

“Dengan petunjuk Panglima TNI, kami membuat surat pengajuan. Dari Pasmapres mengajukan surat ke Mabes TNI, dari Mabes TNI membuat surat lagi ke Kemenhan, lalu diteruskan ke Menkeu untuk dibuatkan anggaran pengadaannya,” urainya.

Baca Juga: Banyak Banget! 200 Unit Motor Listrik Smoot Tempur Dipakai Polisi Untuk Event G20 2022

Didesain Oleh Panglima TNI

Membahas soal livery dan warna, motor tersebut memang masih mempertahankan ciri dari kendaraan dinas Polisi Militer yang menampilkan warna biru, hitam dan putih dengan garis tegas.

Warnanya khusus

Meski demikian, livery yang desainnya turut ditentukan oleh Panglima TNI, Andika Perkasa ini mengombinasikan warna yang cukup rumit. Purnomo, rekanan spesialis pengecatan dan warna yang menggarapnya mengaku harus beberapa kali melakukan revisi saat membahas warna.

Bahkan warna di motor Zero ini terbilang spesial karena tidak beredar di varian reguler. “Karena perpaduan glossy dan matte menimbulkan perbedaan permukaan yang kurang baik,” ucapnya.

Baca Juga: Deretan Motor Listrik Penunjang KTT G20, Ada Honda PCX hingga Energica!

Spek Motor Setara Moge

Motor Zero DSR ini bertipe naked yang bertongkrongan gahar. Motor ini diandalkan sebagai bagian dari pengamanan delegasi KTT G20. Sedangkan Zero SR/S merupakan motor bertipe sport touring yang dilengkapi dengan bodi full fairing.

Komponen baterainya.

Disebutkan pula jika Zero mengusung motor listrik bertenaga 82.000 Watt, kalau disandingkan motor besar, tenaganya setara dengan motor bermesin 1.650 cc. Motor ini dibekali baterai 17,3 kWh daya tempuh Zero mencapai 300 km dengan sekali pengisian daya penuh.

Dari segi handling dan performa, Sertu M. Fauzi Harahap, Motoris Matan Paspamres dan Pratu Muhib Abror, Penembak Senapan Matan Paspamres mengaku jika motor ini nyaman dan tak kalah dari motor-motor bermesin bensin.

“Tarikannya mantap, buat manuver pun asyik. Posisi menembak pun pas. Menunjang operasional motornya aman dan nyaman,” pungkasnya. Keren!

Source: Intip Motor Listrik Zero DSR dan SR/S Versi KTT G20, Speknya Pas Buat Mengawal Delegasi

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *